Ads Top

Kenali 5 Masalah Kulit Akibat Stress


Kulit merupakan organ yang melindungi organ-organ lain tubuh kita. Kulit juga bagian penting yang memiliki peran untuk menyeimbangkan suhu tubuh kita. Meskipun kulit merupakan organ terluar manusia, tetapi kesehatan kulit juga bisa di pengaruhi tidak hanya daru luar seperti sinar uv, tetapi juga bisa dipengaruhi oleh faktor mental. 

Stress yang dialami seseorang ternyata mengakibatkan berbagai masalah kulit. Orang yang tertekan cenderung memiliki kulit yang bermasalah seperti kulit kering, kusam dan berjerawat atau bisa juga penuh dengan flek hitam. 

Berikut ini ada beberapa fakta terkait masalah kulit yang diakibatkan masalah mental seperti depresi atau stress.

1. Kulit Kering
Ketika stress melanda maka akan keluar hormon kortisol. Hormon ini akan membuat kulit kehilangan kemampuan menahan air. Jika stress sering terjadi maka kulit akan semakin kering. Maka dari itu kulit akan kehilangan keelastisannya. 

2. Mengganggu regenerasi sel – sel.
Poin kedua yaitu stress ternyata bisa membuat regenerasi sel terhambat. Keadaan mental yang mulai tertekan biasanya akan membuat resiko regenerasi sel terhambat. Saat kulit terluka jika semestinya dalam 3 atau 4 hari kulit sudah bisa sembuh, namun untuk yang sedang mengalami stress bisa lebih lama.

3. Kulit kehilangan keelastisannya
Selain kulit kering dan regenerasi sel terhambat, stress juga ternyata mempengaruhi keelastisan kulit. Terlepasnya hormon stress kortisol, ini menghambat asupan nutrisi dan oksigen ke kulit. Maka dari itu, kulit akan terlihat kendur dan mulai muncul keriput.
baca juga artikel lainnya di sini
4. Minumbulkan jerawat
Kondisi stress ternyata juga menimbulkan aktifnya minyak sebum yang bisa membuat jerawat bermunculan. Selain itu, kondisi ini juga membuat kulit lebih sensitif terkena paparan sinar uv, polusi udara, kotoran, debu dan sebagainya sehingga jerawat akan mudah muncul.

5. Keriput bermunculan
Hilangnya elstisitas kulit, kulit kering, dan kusam merupakan tanda yang akan mengakibatkan kulit menjadi mudah berkeriput. Kulit yang mudah berkeriput ini akan disebabkan karena hormon stress kortisol yang terlepas dan mulai mengganggu regenerasi sel, keelastisan kulit sehingga kulit kurang bernutrisi dan oksigen.

Itulah lima masalah kulit yang disebabkan stress. Maka dari itu hindarilah stress. Selalu lah menjaga kesehatan, baik itu kesehatan tubuh termasuk kesehatan kulit. Gunakan sunblock untuk mencegah paparan sinar matahari langsung ke kulit. Sunblock juga membantu resiko lain dari paparan sinar matahari langsung.
Kenali 5 Masalah Kulit Akibat Stress Kenali 5 Masalah Kulit Akibat Stress Reviewed by Galih Nugraha P. Nayoan on 5:46 PM Rating: 5

No comments