Ads Top

Trik Untuk Melakukan Diving di Tulamben


Diving merupakan salah satu aktivitas yang sudah menjadi tenar di kalangan masyarakat saat ini. Aktivitas diving yang mengasyikan kini telah dilakukan oleh banyak orang, mulai dari seorang remaja sampai orang dewasa sekalipun. Diving dapat dijadikan hiburan bagi mereka yang sedang mengisi waktu liburan. Bagi yang sedang mencari spot menarik untuk melakukan aktivitas diving atau menyelam, di Bali merupakan tempat yang cocok untuk kalian. Salah satu spot atau tempat yang sudah menjadi terkenal akan spot-spot untuk melakukan diving adalah di Tulamben. Tulamben Bali merupakan sebuah kawasan pantai yang wajib untuk para penyelam kunjungi. Tulamben ini sudah sangat terkenal di kalangan para penyelam wisatawan lokal maupun mancanegara di dunia. Menjadi salah satu spot terbaik di dunia untuk menyelam karena terdapat salah satu tempat menarik di lokasi tersebut. Di kawasan Tulamben terdapat sebuat kapal yang dulunya peninggalan tentara Amerika Serikat yang dinamakan Usat Liberty. Untuk itu banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan hal tersebut.

Tips Sebelum Melakukan Diving

Diving merupakan sebuah aktivitas yang tidak mudah dan bisa dikatakan aktivitas yang cukup berbahaya. Namun karena banyaknya pengunjung yang penasaran dengan aktivitas diving atau menyelam ini bisa dijadikan sebagai salah satu hiburan untuk mengisi liburan. Tetapi melakukan diving tidak boleh sembarangan, adapun beberapa tipsnya sebelum menyelam. Di antaranya :

1. Sebelum melakukan diving harus cukup tidur. Karena saat menyelam membutuhkan banyak tenaga yang harus membuat kita selalu bergerak di dalam air, maka untuk cukup tidur atau istirahat sangat diperlukan sebelum melakukan aktivitas diving.

2. Hindari minum soda sebelum menyelam untuk menghindari keluarnya gas dari dalam tubuh yang sangat membahayakan. Karena ketika anda mengeluarkan gas, seorang penyelam dapat muntah di dalam air. Jadi bila anda akan melakukan aktivitas diving, hindari minuman soda terlebih dahulu selama 1x24 jam.



3. Usahakan untuk tidak menyentuh terumbu karang. Ternyata karang atau coral tak boleh disentuh. Karena karang ini merupakan hewan yang sangat sensitif, yang tumbuh hanya 1 cm per tahunnya. Sebagian karang juga ada yang memiliki sengatan, jadi penyelam harus berhati-hati. 

4. Lisensi merupakan bagian terpenting yaitu menggunakan bahasa tubuh yang supaya jika terjadi masalah buddy akan segera menanganinya.

5. Mengecek spot diving. Di Tulamben memiliki 4 spot cantik yang sangat menarik. Pertama spot Kapal USAT Liberty, Coral Garden, Saraya Secret, dan Drop Off.

6. Kenali daerah penyelaman adalah salah satu hal yang penting untuk para penyelam. Karena Tulamben adalah daerah laut curam. Sehingga para penyelam tak memerlukan alat bantu seperti kapal untuk ke spot Coral Garden dan Kapal USAT Liberty. Bagi para penyelam pemula harus terus hati-hati dan harus mengikuti perintah guide agar aman.

Nah itulah beberapa tips yang anda perlukan untuk melakukan diving atau menyelam di daerah Tulamben ini. Sebagai penyelam sejati tentu saja kita harus mengikuti aturan yang sudah dibuat bukan? Bagi para penyelam pemula dapat melakukan beberapa tips di atas agar aman saat melakukan aktivitas diving ini. Semoga bermanfaat.
baca juga artikel menarik lainnya hanya di www.laneaudubon.com
Trik Untuk Melakukan Diving di Tulamben Trik Untuk Melakukan Diving di Tulamben Reviewed by Galih Nugraha P. Nayoan on 9:53 AM Rating: 5

No comments

Featured Video