Ads Top

Peralatan Selam Dasar

Masker dan Snorkel sebagai Peralatan Dasar Selam

Kegiatan menyelam harus dilengkapi dengan seperangkat peralatan selam yang memadai. Peralatan selam sendiri terbagi dalam peralatan dasar serta peralatan tambahan. Peralatan dasar adalah peralatan yang wajib dikenakan oleh penyelam saat menyelam ke kedalaman laut. Ini karena tubuh manusia tidak dirancang untuk menyelam dalam waktu lama sehingga membutuhkan aneka peralatan mendukung. Tanpa peralatan dasar ini, keselamatan di bawah laut dapat terancam. Mendapatkan peralatan selam juga mudah. Di tempat snorkeling atau diving biasanya akan disediakan penyewaan alat selam sehingga kita tidak perlu membeli. Termasuk dalam peralatan dasar ini adalah masker serta snorkel. Berikut akan dijelaskan mengenai kedua alat ini secara lebih mendalam.

Masker

Peralatan diving atau selam yang pertama adalah masker. Alat ini akan memberikan rongga udara di antara mata serta air. Penggunaan masker akan membuat penglihatan di dalam air menjadi lebih jelas. Selain itu, masker juga akan melindungi mata dari risiko iritasi air. Menggunakan masker tidak boleh terlalu erat dan selalu melakukan penyesuaian tekanan dengan cara mengembuskan udara ke dalam masker lewat hidung. Ini karena masker mendapat tekanan hidrostatis. Hidung harus diikutsertakan dalam masker sehingga kacamata renang biasa tidak akan bisa digunakan untuk menyelam. Saat mengenakan masker, benda-benda di sekitar akan terlihat dua kali lebih besar dan lebih dekat karena adanya kombinasi sudut bias serta indeks bias dalam air.

Ciri-ciri masker yang baik di antaranya adalah memiliki safety tempered glass, double skit yang lentur, frame nya terbuat dari bahan anti karat, kantong hidung, ikat kepala dengan strap serta katup kuras. Jenis masker berdasarkan bahannya ada neoprene serta silikon. Sementara jenis masker dari kacanya ada single, double serta triple. Pemilihan masker harus sesuai dengan muka dan pasang masker di muka tanpa menggunakan strap. Hisap udara menggunakan hidung dan tahan napas. Apabila masker tertahan di muka, maka masker cocok digunakan. Pilih masker yang kacanya tempered, medan penglihatan luas, volumenya kecil dan hindari masker yang memiliki katup buang.

Snorkel

Selanjutnya ada snorkel, yaitu pipa yang digunakan untuk bernapas di permukaan air. Gunanya adalah untuk skin diving saat beristirahat di permukaan. Dengan snorkel, seorang penyelam bisa bernapas dengan mudah tanpa menegakkan kepala keluar air. Panjang pipa bisa mencapai 30 sentimeter. Snorkel umumnya akan digantung di sebelah kiri dari masker saat penyelaman. Jenis snorkel berdasarkan bahannya sama seperti masker yaitu neoprene serta silikon. Sementara jenis snorkel berdasarkan bentuknya terdiri dari J-Shaped, L-Shaped, Flexible Hose serta Type Contour. Pemilihan snorkel sebaiknya yang memiliki bagian dalam licin guna memudahkan peniupan sehingga tidak akan ada sisa air yang tertinggal. Pilih juga yang mouthpiece nya nyaman serta cocok di mulut.

Kaki Katak dan Boots Selam

Salah satu peralatan selam yang pasti sudah familiar untuk kita adalah kaki katak serta sepatu boots. Kaki katak sendiri adalah istilah yang biasa digunakan di Indonesia. Alat ini sebenarnya bernama fins dan merupakan salah satu dari beberapa peralatan selam dasar yang wajib digunakan. Peralatan dasar harus digunakan apabila kita hendak menyelam di kedalaman air. Tujuannya adalah menjamin keselamatan, keamanan serta membantu kita agar bisa menyelam lebih lama dan dalam di bawah air. Selain fins, ada juga sepatu boots, masker snorkel, rompi selam, tabung gas dan lain-lain. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut mengenai fins dan boots selam.

Fins atau Kaki Katak


Fins juga sering disebut sebagai sirip selam. Fungsi dari fins adalah untuk menambah daya kayuh seorang penyelam agar laju pergerakannya dalam air bisa bertambah. Teknik ayunan kaki yang digunakan adalah perlahan namun kuat dan juga santai. Fins juga dapat digunakan untuk menambah kekuatan di kaki dan merupakan salah satu piranti penggerak. Fins akan membuat kemampuan berenang kita bertambah hingga sepuluh kali lipat lebih besar dibanding jika tidak menggunakan fins. Tipe fins di antaranya adalah full foot style, open hill style, open tournament fins serta rocket fins. Jenis fins berdasarkan bahan ada neoprene dan juga silikon. Pemilihan fins sebaiknya yang sesuai ukuran kaki masing-masing.

Tiap tipe fins memiliki kelebihannya sendiri-sendiri sesuai kebutuhan. Jenis full foot style cocok untuk skin diving karena lebih fleksibel, letak lempeng menyudut sehingga kaki tidak akan mudah lelah. Kemudian jenis open heel cocok untuk scuba diving dengan lempeng lurus dan semi kaku untuk kekuatan yang lebih besar serta mudah dipakai. Selanjutnya untuk tipe adjustable open heel cocok untuk scuba diving di perairan dengan kantong cukup besar serta kaki yang memakai boots. Lempengan nya lebar dan tenaga yang dihasilkan akan lebih besar. Tersedia pula lubang alur air di atas lempengan.

Boots Selam

Boots selam merupakan sebuah sepatu boot khusus yang digunakan saat menyelam. Penggunaan boots selam akan berguna dalam menghindari terjadinya cedera kaki saat menyentuh dasar laut, karang atau benda-benda keras lain yang biasa terdapat di bawah permukaan air. Boots terbuat dari karet busa serta sol keras yang dapat melindungi kaki dari kejang kaki akibat kedinginan. Pemakaian boots akan dapat mengurangi risiko cedera dari sengatan stingray. Pemakaian boots akan disatukan dengan kaki katak atau fins. Boots dipakai dulu kemudian pakai fins kemudian. Sesuaikan boots dengan ukuran dari fins yang digunakan. Pilih boots yang komposisinya kuat sehingga dapat melindungi kaki dari cedera. Semakin tebal boots yang digunakan maka akan semakin baik dalam hal melindungi kaki.
Peralatan Selam Dasar Peralatan Selam Dasar Reviewed by Galih Nugraha on 7:39 PM Rating: 5

No comments

Featured Video