Ads Top

Lokasi Diving atau Snorkeling di Raja Ampat


Raja Ampat merupakan kawasan yang terkenal sebagai area penyelaman yang cukup menarik. Beberapa titik penyelaman di Raja Ampat menjadi lokasi penyelaman yang cukup favorit. Terdapat setidaknya 75% dari total keseluruhan jenis terumbu karang di dunia yang hidup di Raja Ampat. Alasan inilah yang membuat Raja Ampat menjadi lokasi penyelaman yang cukup menarik di dunia. Selain terumbu karang, Raja Ampat juga merupakan habitat dari berbagai jenis biota laut lainnya seperti ikan. Berikut beberapa lokasi di Raja Ampat yang menjadi lokasi diving dan snorkeling:

a. Pulau Waigeo

Pulau Waigeo merupakan pulau dengan titik penyelaman yang cukup terkenal di Raja Ampat. Pulau Waigeo menjadi salah satu dari empat pulau besar yang ada di Raja Ampat. Pulau Waigeo juga merupakan pulau yang paling besar dari keempat pulau lainnya. Di perbatasan antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta terdapat sebuah selat yang bernama Selat Dampier. Selat ini menjadi lokasi penyelaman yang cukup favorit di Raja Ampat. Menyaksikan pemandangan bawah laut dari permukaan juga dapat dilakukan jika tidak ingin melakukan diving. Warna air yang jernih membuat kegiatan snorkeling dari permukaan laut sudah cukup untuk menyaksikan keindahan pemandangan bawah laut Raja Ampat.

b. Pulau Misol

Pulau Misol merupakan pulau lainnya di Raja Ampat yang cocok dijadikan sebagai titik penyelaman dan snorkeling. Pulau Misol sendiri berbatasan langsung dengan laut Seram. Pulau Misol menjadi titik penyelaman yang sangat menarik. Itu karena Pulau Misol dikenal sebagai kawasan segitiga terumbu karang dunia. Sebagai kawasan terumbu karang dunia, perairan Pulau Misol tentunya memiliki terumbu karang yang cukup beragam. Bentuk, ukuran serta warna terumbu karang sangat indah sehingga kawasan ini menjadi lokasi yang wajib untuk dijadikan tempat menyelam. Berbagai jenis spesies ikan dengan bentuk serta warna yang beragam terdapat di perairan Pulau Misol. Di perairan Pulau Misol terdapat biota laut dengan ukuran yang cukup besar. Hewan-hewan laut seperti paus dan juga gurita dengan ukuran besar melewati perairan ini. Perairan Misol menjadi lokasi yang sangat tepat untuk menyaksikan keberadaan paus serta biota laut dengan ukuran besar lainnya. Namun sebelum melakukan penyelaman di perairan ini, sebaiknya berhati-hati karena perairan Pulau Misol juga menjadi kawasan laut lepas dengan area yang sangat luas.
Selain perairan dari kedua Pulau tersebut, Raja Ampat memiliki kawasan menarik lainnya yang cocok dijadikan sebagai kawasan menyelam atau snorkeling. Di antaranya yaitu perairan Pulau Salawati, Pulau Batanta dan jenis pulau lainnya. Beragam jenis terumbu karang serta spesies ikan dan jenis biota lautnya, membuat kegiatan snorkeling atau diving di Raja Ampat menjadi kegiatan yang tidak terlupakan. 
Lokasi Diving atau Snorkeling di Raja Ampat Lokasi Diving atau Snorkeling di Raja Ampat Reviewed by Galih Nugraha P. Nayoan on 6:37 PM Rating: 5

No comments