Ads Top

Jenis-Jenis Perlengkapan Diving dan Fungsinya Pentingnya

Menyelam atau yang sering disebut diving merupakan aktivitas yang dilakukan di bawah permukaan air laut yang menggunakan berbagai perelatan selam untuk tujuan tertentu. Untuk aktivitas penyelaman ini memiliki dua tipe yaitu aktivitas selam yang berdasarkan keperluan dan kelengkapannya, berarti seperti skin diving dan scuba diving. Untuk skin diving yaitu salah satu penyelaman yang dilakukan menggunakan peralatan selam yang masih dasar seperti masker, snorkel dan fins, biasanya ini cuma dilakukan para traveller yang ingin menikmati aktivitas snorkling atau hanya menikmati panorama bawah permukaan air saja. Sedangkan scuba diving merupakan penyelaman yang menggunakan peralatan selam yang lengkap dan biasanya dikenakan untuk para penyelam yang melakukan aktivitas penyelaman ilmiah, penyelaman komersial, ataupun penyelaman yang dilakukan oleh para marinir untuk melakukan aktivitas pertahan dan keamanan.


Berbagai Peralatan Menyelam dan Fungsinya

Untuk melakukan penyelaman atau diving anda juga harus mengetahui beberapa alat dan fungsinya terlebih dahulu. Beberapa peralatan untuk melakukan penyelaman yaitu sebagai berikut.

1. Masker atau Mask
Sebagai seorang manusia atau makhluk hidup darat bukan di air tentu saja anda membutuhkan sebuah alat untuk melindungi bagian mata dari air untuk bisa melihat dengan jelas suasana di bawah permukaan air.

2. Regulator
Regulator ini bukanlah regulator yang ada di kompor gas. Tetapi sebuah regulator khusus selam yang merupakan sebuah alat selam untuk mengalirkan udara ke mulut anda ketika sedang bernafas di dalam air. 

3. Wetsuit dan Drysuit
Wetsuit atau biasa disebut drysuit merupakan pakaian yang dibuat khusus untuk menyelam. Penggunaan pakaian ini tergantung di area selam seperti warm water atau cold water. 

4. Bouyancy Compensation Device
Ini merupakan semacam jaket isinya dialiri udara. Fungsi dari alat ini yaitu untuk untuk membantu penyelam ketika berenang menuju permukaan air.

5. Weight Belt
Untuk melakukan penyelaman anda akan membutuhkan alat yang pemberat. Weight belt ini semacam ikat pinggang besar yang terbuat dari logam. 

6. Fins atau Kaki Katak
Alat ini dibutuhkan para penyelam agar dapat mempercepat gerakan ketika sedang berenang di dalam air. Biasanya semakin besar dan panjang ukuran finsnya maka akan semakin cepat gerakannya di dalam air.

7. Gauges Selam 
Sebuah indikator untuk menunjukan jumlah udara oksigen di dalam tabung serta kedalaman, kompas, tekanan udara, dan suhu udara ketika sedang menyelam.


8. Dive Computer
Alat ini fungsinya untuk menunjukan bagaimana tekanan udara, kedalaman air, dan suhu udara di dalam air.

9. Senter Selam
Untuk menerangi penyelam ketika di dalam air. Biasanya semakin dalam akses menyelam semakin gelap pula dasar air tersebut.

10. Tabung Udara
Ini digunakan untuk bernafas saat menyelam. Isi dari tabung ini merupakan campuran udara yang dibutuhkan paru-paru para penyelam untuk bernafas.

Walaupun menyelam memiliki dua tipe namun pada dasarnya menggunakan peralatan selam yang hampir sama. Peralatan selam ini bertujuan untuk menjaga keselamatan anda, apalagi untuk para penyelam pemula.
Baca juga artikel menarik lainnya Klik Disini
Jenis-Jenis Perlengkapan Diving dan Fungsinya Pentingnya  Jenis-Jenis Perlengkapan Diving dan Fungsinya Pentingnya Reviewed by Galih Nugraha P. Nayoan on 11:03 AM Rating: 5

No comments